Ngobrolin Foto Yuk 🌷

Hola !

Udah lama banget kayaknya ga nyentuh blog ya ? Apa kabar semua ? Semoga selalu sehat dan bahagia pastinya 🌷

Kali ini, saya mau share mengenai perjalanan foto saya di IG karna ada beberapa teman yang sering tanya tentang foto dan editing. Sebenernya belum pede, karna ngerasa fotonya masih biasa banget untuk ukuran profesional, tapi boleh lah ya sharing2 sedikit siapa tau membantu juga 🌼

1. Kapan mulai suka foto ?

Sebenernya kalo mau ngomongin soal foto, saya pribadi masih harus banyak belajar, tapi karna memang pada dasarnya suka moto, sedikit demi sedikit bisa terasah dan seperti sekarang. Dari jaman saya di Jogja 5 tahun lalu (kurleb) memang udah hobi moto, apalagi waktu itu juga sempet punya usaha kuliner disana.






2. Kok warna foto bisa seragam ?

Pertama kali kenal dan hobi foto, saya mulai ngulik cara edit foto yang proper. Waktu itu saya pakai VSCO dan langsung bayar full pack nya biar bisa enjoy ngedit. Nah, karna masih amatir banget, jadi ya cuma potret-potret aja tanpa tau celahnya gimana biar enak dilihat. Ternyata, saya salah. Cuma potret-potret doank bisa bikin bosen. Masih ngerasa fotonya jelek, posisinya ga oke dan berantakan (ada yang landscape, potret, square, pakai frame, semua dicampur jadi satu tanpa dipilah sebelum diposting).
Lalu pas hamil Kala, ada keinginan buat ikut workshop editing foto jadi lebih ciamik dan enak dilihat. Alhamdulillah, meskipun belum bagus-bagus banget hasil fotonya saat ini, saya sudah merasa lebih baik dengan menggunakan aplikasi editing foto Lightroom yang saya pakai setiap hari..





3. Tips buat pemula ?

Sama seperti lainnya, hal paling utama ya niat yah. Karna foto itu ribet, belum lagi kalau memang banyak properti. Mungkin boleh dicoba ngintip, siapa tau membantu :

a/ Menentukan Konsep

Setidaknya memang harus tau dulu konsep foto mau bagaimana : apakah konsepnya ke clean minimalist, atau justru malah suka yang banyak props (contoh foto-foto saya), mau yang vintage, retro atau mungkin foto pemandangan alam. Kalau saya, karna memang semua isi IG seputar parenting, anak, buku, masakan, atau review produk, saya lebih suka memang yang konsepnya rame dan banyak props ya. Sementara untuk warna, saya cenderung pilih yang warm. Bukan yg clean, putih bersih kinclong gitu hehehehe...

b/ Properti

Buat pemula, saya saranin mulai pakai props yang ada dirumah. Contoh : saya pakai tirai yang ga kepake dirumah untuk backdrop, bekas kaleng kosong, kotak bekas seserahan waktu nikah, buku, kain-kain ga terpakai buat tambahan alas, dan kardus bekas yang dicover sama kertas kado. Yang saya betul-betul modal yaitu : kain blacu yang saya beli lebarnya 160cm itu 14.000/meter (saya beli 4 meter), dan bunga kering (ini yang memang jadi fokus buat IG saya. Karna kalo pada notice, saya suka sekali pakai bunga kering utk props). Sebetulnya, apapun propsnya, yang penting kreativitasnya yah ! Gaperlu beli yang mahal dulu, manfaatin apa yang ada dirumah..

c/ Pencahayaan yang baik

Kalo saya pribadi, suka banget foto diantara jam 9-11 pagi atau jam 3-4 sore karna di jam-jam segitu memang kondisi cahaya lagi bagus. Kalo pas ambil foto sore, bisa di tempat outdoor biar bagus hasilnya..

d/ Eksekusi 

Kalo udah punya 3 point diatas yaudah langsung jepret2 aja dulu. Usahain fokus di objek yang mau difoto ya. Dan, jepret sebanyak-banyaknya dulu, masalah mau dipilah buat diedit bisa belakangan. Jangan takut mencoba ! Nanti lama-lama pasti ketemu sama feelnya..





4. Keuntungan punya foto bagus ?


Yang pasti, karna semua lahir dari hobby dan dilakuin dengan hati, jadi semuanya buat saya sangat menguntungkan. Saya juga ga pernah nyangka kalau tiba-tiba bisa dihubungi untuk kepentingan collab dengan beberapa brand, dan juga selain itu, ada rasa puas setelah melihat IG feed jadi rapih. Eyegasm ! 🥰





5. Aplikasi edit foto ?

Bisa dicoba vsco dan lightroom (saya pure lightroom) yang paling umum. Atau ada juga tezza, colour story, snapseed, sampai picsart..





6. Idenya darimana sih ?

Sebagian besar saya ngulik di Pinterest (platform paling komplit buat cari ide atau sekedar lihat yang gemes2 🥰), hastag #instamom , instagram orang bule (mereka banyak kasih inspirasi dari tone warna feed dan props) 





7. Udah foto-foto terus, tone colour udah sama, followers ga naik-naik ?

Kuncinya sabar dan konsisten. Kalo saran saya, jangan terlalu terpaku dengan jumlah followers karna nanti hasilnya ga maksimal. Coba barengi dengan bikin caption yang menarik atau tambahin hastag ! 🥰





8. Kamera khusu buat foto ?

Semua foto yang saya ambil menggunakan kamera hp samsung A8+ (semoga ada rejeki biar bisa kebeli kamera ya, doakan 🤭😊)





9. Tips lain ?

Yang ga kalah seru, kalau udah coba foto-foto dan ngedit di Lightroom, coba download preview (aplikasi untuk ngeliat tampilan IG sebelum diposting). Jadi, sebelum dipost ke instagram, foto-foto yang udah diedit bisa didrop ke preview buat atur letak/komposisi foto. Misal, feed Instagram ada 3 bar, bisa diatur dengan foto benda, orang, benda atau sebaliknya. Biar menarik, jangan kebanyakan foto SELFIE ya.. sesungguhnya foto selfie itu merusak keindahan instagram hehehhee. Terus, usahakan jangan pakai outfit yang sama persis di satu bar yang sama. Misalnya hari ini foto dengan outfit warna putih dapet 10 hasil edit yang sesuai, mungkin bisa diatur letaknya di bar pertama dan akan muncul lagi di bar ke 5 atau lebih atas lagi. Tujuannya, supaya ga monoton. Preview ini sangat membantu buat saya, karna kalo konsistensi foto ga sesuai, bisa diedit ulang di LR 🌼






Nah, semoga membantu temen-temen yah. Yang penting jangan males cari ide darimana aja, dan eksekusi ! Feel free to contact me kalau-kalau masih ada yang belum paham atau mau sharing sama saya, karna sesungguhnya, saya juga masih belajar hehehehe 🌷

Komentar